oleh

Berdalih Kata “Pinjam” Kades Sigimpu Palolo Gunakan Uang BLT Warga, Simak Kisahnya

SIGI – Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Sigimpu, Kecamatan Palolo, Kabupaten Sigi, Kadir N. bijasigi mengungkapkan bahwa dirinya sempat tersontak kaget, saat mendengarkan keterangan Sekretaris Desa (Sekdes) Sigimpu, Moh Ali pada pertemuan Kamis, 04 Februari belum lama ini, bertempat di kantor Desa Sigimpu.

Dikatakan Kadir (Sapaannya, red), bahwa Kepala Desa (Kades) Sigimpu, Merlin telah menggunakan dana Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa (DD). Pasalnya, BLT seharusnya sejak bulan Desember 2020 lalu, telah terbagi pada warga yang terdampak Corona Virus Disaese (Covid) 19.


“Jadi, ternyata dana itu telah digunakan Kades secara pribadi dan belum dibagikan,” beber Kadir.N.bijasigi kepada Media ini.

Menurutnya, konon dalam pertemuan itu tidak beragendakan soal BLT, melainkan hanya sekedar rapat evaluasi kegiatan desa dan laporan pertanggung jawaban.

Baca juga : Polemik Dana Desa Tompi Bugis, Polres Sigi : Saat ini Sudah Ditangani Unit Tipikor

Dikarenakan situasi rapat pada saat itu sudah tidak terkontrol, selaku BPD, Kadir.N.bijasigi mencoba untuk tanyai langsung kepada Kades.

“Dan nyatanya, Kades berkelik. Bagaimana saya menggunakan dana tersebut sementara saya hanya mencairkan, dan yang menyimpan dana itu adalah bendahara,” Ucap Kadir.N.bijasigi menirukan perkataan Kades kala itu, sembari menambahkan dalam pertemuan Kades berjanji akan mengembalikan dana yang dimaksud.

baca Juga : Kejar Banpres, Warga Sigi Banjiri Dinas Koperasi dan UMKM

Ditemui awak media pada 7 Februari 2021 di Desa Sigimpu, beberapa warga penerima BLT DD membenarkannya, bahwa mereka belum menerima BLT dari pemerintah desa setempat.

News Feed