oleh

Kejar Banpres, Warga Sigi Banjiri Dinas Koperasi dan UMKM

SIGI – Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kredit Menengah (UMKM) Kabupaten Sigi, Rabu 21 Oktober 2020 dibanjiri oleh masyarakat setempat yang ingin memperoleh bantuan Presiden (Banpres) tahap dua, yang besaran nominalnya Rp 2.400.000.

Banpres yang dimaksud ditujukan untuk para pelaku usaha terdampak bencana alam gempa likuifaksi pada tahun 2018 lalu yang dinilai berpengaruh pada pertumbuhan perekoniman UMKM masyarakat.

Inilah yang dijelaskan oleh Drs Kaharuddin, selaku pejabat sementara (Pj) Dinas Koperasi dan UMKM Sigi, menggantikan posisi Dr Samuel Yansen Pongi SE MSi yang kini mencalonkan sebagai Wakil Bupati Sigi.

“Jumlah pendaftar bantuan Banpres di Sigi sudah mencapai ribuan. Pendaftaran ini akan ditutup hingga akhir Oktober, sesuai instruksi kementerian. Namun bila kouta telah terpenuhi, seketika bisa ditutup,” jelas Kaharuddin.

Dipaparkannya pada saat gempa lalu sekitar 2.000 lebih pelaku usaha yang terdampak langsung bencana tersebut.

“Selain program ini, kami juga memberikan program pelatihan pada pelaku usaha. Beberapa bulan lalu, kami pun memberikan program pada pelaku usaha di bidang salon yang berada di hunian sementara (huntara) di Desa Mpanau, Biromaru, Sigi,” kata Pemimpin Dinas Koperasi dan UMKM saat ini.

Menyelesaikan program kerja di tahun 2020 ini, Kaharuddin menjelaskan, pihaknya masih akan terus melakukan program pendidikan kilat (Diklat), semisal pemanfaatan tumbuhan/tanaman kelor.

“Program diklat ini akan dilakukan di wilayah Marawola Barat. Sejauh ini, kami sudah melaksanakan berbagai program lainnya, di bidang perbengkelan, salon, kuliner dan laonnya,” tutupnya.

(Adrian)

News Feed