oleh

Kunker di Palu, Panglima TNI Apresiasi Kebijakan Gubernur Sulteng, Simak Infonya

PALU – Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, mengapresiasi kebijakan Gubernur Sulteng, H. Rusdy Mastura dalam meningkatkan kerjasama TNI dan Polri soal penanganan percepatan pemulihan Poso.

Hal itu terungkap dalam kunjungan kerja Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, bersama Kabaharkam Polri Drs. Arief Sulistyanto, Kepala BNPB RI Mayjen TNI Ganif Warsito, di Kota Palu Sulteng, Jumat, 3 September 2021.

Selain itu, Panglima TNI juga mengapresiasi upaya penanganan dan prokes Covid 19 di Sulteng. Ia juga meminta agar terus meningkatkan koordinasi tentang penanganan Covid sesuai arahan Presiden, agar dapat menurunkan Indeks Mobilitas, tingkatkan Testing, Tracking, tempat Isoter dan percepatan pelaksanaan Vaksinasi, ucap Marsekal Hadi Tjahjanto, saat meninjau langsung pelaksanaan vaksinasi di Kantor Gubernur Sulteng.

Sebelumnya dalam pertemuan, kepada Panglima TNI, Rusdy Mastura menyampaikan, bahwa saat ini Pemerintah Provinsi Sulteng melaksanakan penanganan 3 ( tiga ) bencana antara lain, Bencana Kemanusiaan Poso, Bencana Alam dan Gempa Bumi, Tsunami yang telah terjadi 28 September 2018 lalu, dan bencana Covid -19.

Rusdy Mastura mengatakan, untuk mempercepat penyelesaian Bencana kemanusiaan Poso, Pemprov Sulteng telah mengambil kebijakan untuk memberikan dukungan anggaran kepada POLRI sebesar Rp. 2 Milliar dan TNI sebesar Rp. 1,6 Milliar.

Anggaran itu, kata dia, untuk mendukung Operasi Madago Raya, dan tahun depan sesuai amanat Mendagri untuk percepatan pemulihan Poso Pemerintah akan mengalokasikan anggaran sebesar Rp. 30 Milliar bagi TNI dan Polri agar percepatan Perdamaian Poso dapat diwujudkan dengan cepat.

Selain itu, kata Gubernur, untuk mempercepat proses rehab rekon dampak bencana yang sudah berlangsung selama tiga tahun, belum ada penyelesaiannya sampai sekarang disebabkan terkendala dalam pengadaan tanah untuk pembangunan.

“Setelah Kami dilantik langsung mengambil kebijakan dalam percepatan rehab dan rekon dampak Bencana dengan mengalokasikan anggaran sebesar Rp 61,2 Milliar untuk menyelesaikan seluruh permasalahan pengadaan tanah,” papar Gubernur.

Gubernur Sulteng juga melaporkan penanganan Bencana Covid -19. Dimana, Pemerintah Daerah sudah melakukan langkah – langkah untuk mempercepat penurunan Konfirmasi Covid -19.

Sesuai laporan Pusdatina bahwa penularan Covid -19 sudah sangat menurun dan peningkatan kesembuhan sudah sangat tinggi dan sebaran Vaksinasi sudah mencapai 19,1%.

Pemerintah Daerah kata Rusdy mastura, sangat memastikan seluruh Instruksi Mendagri sudah berjalan baik di Kabupaten dan Kota sampai pada tingkat Desa dan Kelurahan.

Kemudian, memastikan kebijakan pemulihan ekonomi dapat berjalan baik dan telah melaksanakan penandatangan MOU dengan BRI untuk penyaluran Kredit UMKM dengan bunga rendah dan pinjaman dibawah 100 juta tanpa agunan. Demikian juga dengan penyaluran PEN melalui Bank Sulteng sebesar Rp 200 Milliar, jelas Gubernur Sulteng.

Diketahui, dalam kunker di Sulteng, Panglima TNI, Kabaharkam dan Kepala BNPB, juga meninjau Aplikasi SILACAK yang dipergunakan oleh Puskesmas, Babinkantibmas dan Babinsa dan meresmikan Perumahan Cinta Kasih Suci yang dibangun Budha Tzuchi Kelurahan Tondo. Selanjutnya Panglima TNI dan rombongan melanjutkan perjalanan Ke Manado Sulawesi Utara.

(Biro Adm Pimpinan)

News Feed