oleh

Jumat Keramat, Tersangka Lama Jembatan Torate Cs Hari ini Resmi Ditahan Kejati Sulteng

PALU – Gerak cepat tuntaskan sejumlah tunggakan kasus oleh pihak Kejati Sulteng kembali mendapat apresiasi publik di Sulteng. Salah satunya kasus perkara jembatan Torate Cs di wilayah Donggala tahun 2018.

Tanggal 24 Maret 2021 lalu, Tim Pidsus Kejati Sulteng telah berhasil menangkap sang buron Daftar Pencarian Orang (DPO) CAP (59 thn) yang merupakan tersangka dalam perkara Tindak Pidana Korupsi Kegiatan Pekerjaan Penggantian 4 (empat) Jembatan Torate CS yakni Jembatan Torate, Jembatan Laiba, Jembatan Karumba V, dan Jembatan Labuan II.

Selang 22 hari kemudian, tepat hari Jumat 16 April 2021, dibawah taktis Jacob Hendrik SH, MH sebagai Kajati Sulteng dan Aspidsus Mohammad Jefry SH, MH, akhirnya tersangka (RL) yang merupakan Satker proyek kegiatan Jembatan Torate Cs, yang selama ini menghirup angin segar sejak 2018 – 2021 diluar tahanan, kini resmi ditahan oleh pihak Kejati Sulteng.

Tersangka RL datang memenuhi panggilan dari penyidik Pidsus Kejati Sulteng sekira 09.00 Wita, didampingi pengacara Sofyan Yusuf SH dan diperiksa selama 3 jam lamanya. Dan selanjutnya oleh tim penyidik dilakukan penahanan atas diri tersangka RL, dirutan pada direktorat tahanan dan barang bukti Polda Sulteng.

Selain untuk percepatan penyelesaian perkara, juga dikhawatirkan tersangka akan melarikan diri, merusak atau menghilangkan barang bukti dan atau mengulangi tindak pidana

Penahanan itu kata Jacob Hendrik, merupakan rangkaian penuntasan kasus jembatan Torate cs, yang telah merugikan keuangan negara sebesar Rp 2 Milyar lebih.

“Tersangka RL akan ditahan selama 20 hari, dan kemudian akan dilakukan proses pendalaman penyidikan hingga ke tahap penuntutan,” tegas Kajati Sulteng dalam konfrensi pers, didampingi Aspidsus Muh. Jefry SH, pada Jumat 16 April 2021.

News Feed