oleh

Lounching 4 Program Pelayanan, Kejati Sulteng Semakin Dekat dengan Masyarakat, Berikut Infonya

Bahanaindonesia.com – Kejaksaan Tinggi Sulawesi Tengah (Kejati Sulteng) secara resmi meluncurkan (Lounching) 4 (empat) program khusus pelayanan lebih dekat kepada masyarakat Sulteng. Kegiatan lounching ini, diresmikan langsung oleh Jacob Hendrik Pattipeilohy, SH.MH selaku Kepala Kejaksaan Tinggi Sulteng (Kajati Sulteng).

Peresmian itu dikemas secara sederhana dan dihadiri para pejabat utama Kejati Sulteng, tokoh masyarakat, toko pemuda, Ketua harian DPW Media Online Indinesia (MOI) dan puluhan insan Pers di Kota Palu Sulteng, Senin 15 November 2021.

Dalam laporannya sebagai ketua panitia, Bambang Supriyanto, SH, MH menyampaikan, empat program ini merupakan ide cemerlang Bapak Kajati Sulteng guna menciptakan pelayanan yang lebih dekat kepada masyarakat di Sulteng.

Yakni meliputi, Call Center program layanan ini, masyarakat bisa menentukan pelayanan berupa, konsultasi hukum gratis, informasi penanganan perkara pidana umum (pidum) dan pidana khusus (Pidsus), melaporkan dugaan tindak pidana, dan melaporkan dugaan penyalahgunaan wewenang oleh oknum kejaksaan.

“Cukup dengan menggunakan smarpohone ( HP androit) yang saat ini digunakan oleh seluruh masyarakat Indonesia,

Kemudian, E- Library (perpustakaan digital) dengan layanan ini masyarakat atau pegawai kejaksaan mendapatkan akses keratusan judul buku dan peraturan perundang-undangan secara gratis dengan mudah, caranya cukup dengan mengakses webiste kejati Sulteng, tanpa harus datang langsung ke perpustakaan

Ketiga adalah podcast, dengan layanan ini masyarakat Sulteng bisa memberikan aduan atau menanyakan sesuatu lewat podcastmelalui Youtube resmi Kejati Sulteng.

“Dimaksudkan, sebagai sarana untuk menjawab isu isu terhangat terkait kinerja kejati Sulteng secara tertib kepada masyarakat.

“Dan paling istimewa adalah Banua Media Adhyaksa (BMA) Kejati Sulteng, merupakan perwujudan perhatian kajati Sulteng agar rekan – rekan media dapat dijadikan mitra, yang disediakan dengan fasilitas untuk mempublikasikan kegiatan kinerja Kejati Sulteng kepada masyarakat,” ungkap bambang.

“Acara ini pak Kajati, lanjut Bambang, sebenarnya sebulan kemarin kami rencanakan, namun karena pandemi, hingga hari ini baru dilaksanakan, untuk BMA nantinya dikordinir langsung sahabat kita Ikbal Borman,” ujar Koordinator Bidang Intelijen Bambang Supriyanto SH MH.

Sementara itu, Ikbal Borman Ketua DPW MOI Sulteng dalam sambutannya menyampaikan, ucapan terimakasih dan apresiasi sebesar – besarnya kepada Kajati Sulteng, atas atensinya kepada insan Pers di Sulteng.

Kata Ikbal, selama Jacob Hendrik Pattipeilohy bertugas di Sulteng, pihak Kejati Sulteng terlihat sangat bersahabat dengan para awak media di Sulteng.

Ia juga menilai, kepemimpinan Jacob Hendrik sangat disiplin dan supel kepada semua insan media yang menurutnya obyektif dalam pemberitaan kinerja Kejati Sulteng.

“Selama kurang lebih 10 bulan bertugas di Sulteng, beliau terlihat sangat peduli dengan masyarakat Sulteng dan membangun kemitraan dengan insan pers.

“Buktinya, ditengah pandemi berat Covid 19 kemarin, beliau saya infokan ada wartawan terpapar Covid 19, Kajati langsung perintahkan timnya untuk jenguk dan beri bantuan,” ujar Ikbal Borman dalam sambutannya.

Bukan hanya itu, lanjut aktivis anti Korupsi Sulteng itu, meskipun Jacob Hendrik non muslim, mamun dia sangat peduli soal keagamaan, mendorong bantuan pembangunan mesjid adhyaksa, dan pembagian qurban (idul adha), puluhan sapi kurban kepada umat muslim di Sulteng yang terdampak korban bencana 2018 lalu.

Kemudian, membantu pedagang makanan (UKM) di Kota Palu yang terdampak pandemi.

“Kurang lebih Rp 300 jutaan, Kejati Sulteng memberdayakan pedagang UKM, sumbangkan makanan gratis kepada masyarakat yang diisolasi karena Covid 19,” tutur panjang, Ketua harian media Online Indonesia wilayah Sulteng itu.

Sehingga kata Ikbal Borman, atas hal itulah, dirinya memberikan cendramata plakat DPW MOI Sulteng kepada Jacob Hendrik Pattipeilohy dalam lounching banua media Adhykasa Kejati Sulteng.

“Sekali lagi, saya ucapkan terimakasih kepada bapak Kajati Sulteng, Jacob Hendrik Pattipeilohy, atas kepeduliannya kepada Daerah kami, dan insan media di Sulteng atas fasilitas di Banua Media Adhyaksa, imbuh Ikbal.

“Ini peristiwa baru di Kejaksaan Sulteng, dimasa kepemimpinan Jacob Hendrik sebagai Kajati di Sulteng, membangun sinergitas penuh dengan insan Pers di Sulteng, Semoga beliau diberi umur panjang, dan diberikan kemudahan dalam segala tugasnya Amiin,” tandas mantan ketua tim7 Lembaga Pemantau Penyelnenggara Negara Indonesia (LPPNRI) Sulteng itu.

Dalam acara lounching ini, selain mendapat plakat dari DPW MOI Sulteng, Kajati Sulteng juga mendapat dan cendara mata kehormatan dari club futsal tatura Kota Palu.

Acara ini juga, terlihat dihiasi puluhan ucapan karangan bunga diantaranya, dari Drs Anwar Hafid, M.Si (anggota komisi II DPR RI), Prof Dr Ir Mahfudz,( Rektor Untad), Prof Dr Ir H Muhammad Basir Cyio SE MS ( Ketua Senat Untad), Sahabudin ST, SE MT (Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Sulawesi Tengah, Ronny Andriandi, ST,MT (Kepala balai Pelaksana Pemilihan Jasa Konstruksi (BP2JK) Wilayah Sulteng.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Kejaksaan Tinggi Sulteng Jacob Hendrik Pattypeyilohi, SH,MH mengatakan, walaupun ketiga fitur pelayanan tersebut sederhana, tetapi dapat bermakna bagi masyarakat Sulteng

”Ini adalah wadah terbaik bagi masyarakat Sulteng. Dengan hadirnya fitur layanan tersebut menjadi salah satu cara agar Kejati Sulteng dapat lebih dekat dengan masyarakat. Apa gunanya  kita diberi amanah jika hanya menjadi beban, maka kita harus menjadi berkah bagi semua orang,” ujar kepala Kejati Sulteng itu.

keempat program ini adalah bagian penting dalam menjalankan tugas pokok dan fungsi Kejati Sulteng. Program pelayanan ini merupakan ide kami agar mencapai target bersama.

“Terimakasih atas segalanya, mari kita bangun Sulteng kedepan, Sulteng sangat berpotensi dalam Sumber daya alam dan lainnya,” tutup Kajati sulteng.

(IWn)

News Feed