oleh

HMJ KPI, IAIN Palu Gelar Pelatihan Jurnalis

PALU – Himpunan Mahasiswa Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam (HMJ KPI) IAIN Palu telah mengadakan kegiatan Pelatihan Jurnalistik Editing dan Desain Grafis (PJED) yang bertema ”Bersinergi Dalam Membentuk Jiwa Jurnalis Muda serta Meningkatkan Skil Desain Grafis serta Editing”.

Kegiatan itu berlangsung pada 28 – 30 Juni 2021, belum lama ini, bertempat di Laboratorium KPI IAIN Palu dan dihadiri oleh perwakilan dari tujuh HMJ setempat serta organisasi masyarakat lainnya.

Adapun tujuan dari kegiatan itu, tak lain merupakan ajang memperkenalkan jurnalistik dan mengajarkan teknik dasar dalam menulis artikel maupun berita serta meningkatkan skil desain grafis dan juga editing.

“Materi jurnalistik yang disajikan kepada mahasiswa sebagai pesrta pelatihan dimulai dari yang paling dasar. Diantaranya Undang-Undang Pers, Kode Etik Jurnalistik, Teknik Penulisan Berita, dan Teknik Reportase”, ujar Faradilah Darmansyah selaku ketua panitia kegiatan, pelatihan jurnalistik editing dan desain grafis (PJED).

Faradila juga mengatakan, selain materi tentang jurnalistik, peserta juga mendapat tambahan berupa materi mengenai editing video dan desain grafis, serta materi soal public spaeaking, yang akan menjadi dasar dasar informasi.

“Karena sebagai generasi millennial, mahasiswa harus mempunyai skil di bidangnya agar mampu menyeimbangi perkembangan zaman kedepannya,” tambah Faradila.

Alfin, salah satu mahasiswa sebagai peserta pelatihan jurnalistik menyampaikan terima kasih kepada panitia pelaksana kegiatan karena HMJ KPI telah menyelenggarakan acara pelatihan jurnalistik editing dan desain grafis (PJED) di kampus IAIN PALU.

“Materi yang di sampaikan para pemateri sangat menarik dan solutif,” kata Alfin.

Kegiatan HMJ KPI tersebut, diikuti oleh 30 mahasiswa ( Wi) Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam IAIN Palu, dan diisi oleh pemateri jurnalis senior kota Palu, diantaranya Iwan Lapasere (Mantan Ketua AJI) Kota Palu, Rahmat Dhani ( Kontributor Rajawali TV), dan Hadi Wijaya ( MAL).

(M Gavil)

News Feed