oleh

DPD KNPI Sigi Rintis Potensi Wisata Bike dan Trail Run di Lembah Palolo

SIGI – Dalam bulan juni 2021 mendatang, DPD KNPI Kabupaten Sigi akan melaksanakan kegiatan Wisata Bike dan Trail Run di lembah Palolo. kegiatan ini nantinya bertajuk Wisata lereng Lembah Palolo dengan tema Napak Tilas Jalan Jepang, bertujuan untuk memanfaatkan potensi lereng di area jalan jepang itu untuk dijadikan jalur permanen rute bersepeda dan orienteering.

Kegiatan itu akan melibatkan empat kelompok Pecinta Alam yaitu KPA Binunu, Nonvatu, Vatu Putih dan BAPALA sebagai Organizing Comitte yang diketuai Fahlis. Nantinya, akan membangun Homestay sebagai tempat beristirahat peserta dan pengujung. Selain itu panitia juga akan menyuguhkan beberapa pertujunkan tradisi dan permainan rakyat serta kuliner lokal setempat.

Kita berharap melalui kegiatan ini nantinya akan menciptakan objek wisata baru di kabupaten sigi. DPD KNPI sigi dalam periode ini memang fokus pada kegiatan untuk melahirkan sektor wisata baru, karena sektor wisata kami yakini dapat membuka peluang peluang yang kemudian bisa menjadi sumber hidup, kata Ratib.

“Misalnya, akan ada peluang ekonomi yang tumbuh di daerah sekitarnya, kemudian terbukanya peluang kerja bagi masyarakat khusunya pemuda. Tersalurkannya minat dan bakat pemuda, sehingga yang paling terpenting bagi kami adalah, bagaimana setelah kegiatan ini, lahir objek wisata yang dikelola oleh pemuda secara baik.

Intervensi Pemerintah Daerah tentu sangatlah dibutuhkan dan menentukan, begitupun dukungan Pemerintah Desa melalui dana desanya. Sektor wisata ini bisa dikembangan untuk meningkatkan PADnya.” Demikian papar Moh. Ratib Sunusi sebagai Ketua DPD KNPI Sigi saat memberikan arahan pada rapat penyusunan Timescedule, Sabtu (8/5/2021).

Pada kegiatan tersebut selain dihadiri Ketua Karakter PK KNPI Kecamatan Moh. Fadlan juga dihadiri ketua Majelis Pemuda Indonesia KNPI Kecamatan Palolo (Salman Faris). Pada kesempatan itu, Ia sangat berterima kasih kepada DPD KNPI Sigi, karena telah memberi kepercayaan kepada mereka untuk menjadi panitia pelaksana kegiatan.


“Kepercayaan ini tentu kami akan menjaganya secara baik, dengan berupaya semaksimal mungkin, semua kekuatan kami kerahkan untuk menghasilkan outcam yang diharapkan kegiatan ini, kami optimis akan sukses sesuai apa yang diharapkan oleh DPD KNPI,” sebutnya.

Ketua panitia kegiatan itu juga menegaskan, bahwa kegiatan yang akan dilaksanakan bertepatan dengan hari ulang tahun Kabupaten Sigi ke 13 tahun, nantinya tidak hanya akan melibatkan pemuda selaku penggagas akan tetapi kepanitiaan juga akan meminta masyarakat setempat untuk bersama berpartisipasi demi suksesnya pelaksanaan kegiatan tersebut.

(Rezka)

Tentang Penulis: Redaksi

Gambar Gravatar
Media Massa Online yang menyajikan Berita di Seluruh Indonesia pada umumnya, dan wilayah Sulawesi Tengah pada Khususnya.

News Feed