oleh

33 Desa di Sigi Belum Menyalurkan BLT DD Tahun 2021, Ada Apa?

PALU – Corona Virus Disaese 2019 (Covid-19,red) hingga kini masih berlanjut. Untuk itu, dalam penanganannya, pemerintah masih tetap melanjutkan kembali bantuan sosial di tahun 2021 ini. Salah satunya Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa walaupun bantuan ini cukup rawan atau rentan dikorupsi.

BLT Dana Desa menjadi prioritas utama dalam penggunaan Dana Desa Tahun 2021 sesuai di atur dalam Permendes Nomor 13 tahun 2020 tentang prioritas penggunaan Dana Desa tahun 2021 dan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 222/PMK.07/2020 tentang Pengelolaan Dana Desa.

Dalam penyaluran BLT Dana Desa ini, tentunya ada sanksi-sanksi yang diterapkan, apabila Desa tidak melaksanakan BLT DD. Sanksinya yaitu pemotongan Dana Desa sebesar 50% dari Dana Desa yang akan disalurkan pada tahap II tertuang pada Pasal 56 PMK No. 2.22/PMK.07/2020.

Meski begitu masih banyak Desa yang terkendala dalam menyalurkan bantuan tersebut. Seperti yang terjadi di Kabupaten Sigi, Provinsi Sulawesi Tengah.

Ditahun kemarin 2020 masih ada Desa yang belum tuntas dalam penyaluran BLT DD dan bahkan beberapa Desa harus berurusan dengan pihak Hukum penanganan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) dalam dugaan penyalagunaan Dananya.

Begitu juga di Tahun 2021 ini, sebagian masyarakat penerima manfaat keluhkan lambatnya penyaluran BLT DD.

Padahal, sesuai instruksi Pemerintah pusat bahwa bulan Januari sudah mulai penyaluran BLT DD. Namun, hingga saat ini masih ada Desa yang belum sama sekali menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) DD Tahun 2021.

Informasi yang dihimpun, ada sekitar 33 Desa dari 177 Desa yang ada di Kabupaten Sigi hingga saat ini sama sekali belum menyalurkan BLT DD 2021.

“Ada beberapa kendala pihak Desa saat ini belum menyalurkan BLT DD 2021, diantaranya masih ada Desa yang belum menyelesaikan laporan APBDes dan ada juga yang belum melaporkan hasil realisasi,” jawab Anwar, S.Sos. MM. Kepala Dinas PMD Kabupaten Sigi via WhatsAppnya.

Lanjut Anwar, bahwa dari 33 Desa tersebut, saat ini ada 26 Desa telah melengkapi persyaratan untuk mengajukan penyaluran dari KPPN ke kas Desa.

Hasil rapat bersama Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) melalui zoom, Anwar mengatakan untuk saat ini persyaratan Desa untuk pengajuan penyaluran BLT DD sudah sangat muda, yang kemarin perbulan sekarang Desa sudah bisa mngajukan 3 Bulan sekaligus.

(Gus/Editor : Adrian Yuliansyah)

News Feed