oleh

KCB Sampaikan Harapan Percepatan Hak Penyintas Bencana, Simak Tanggapan…

Bahanaindonesia.com – Prihatin atas kondisi penyintas bencana yang masih menghuni Hunian Sementara (Huntara), Komunitas Celebes Bergerak (KCB) bersama sejumlah warga penyintas sampaikan harapan percepatan pemenuhan hak – hak penyintas kepada Pemerintah Daerah Sulteng, Senin 27 September 2021.

Harapan itu disampaikan Wahyu Perdana Putra selaku Ketua KCB saat menemui Gubernur Sulteng.

Dikatakannya, hingga kini penyintas yang masih berada di Huntara, diantaranya, Huntara Donggala Kodi, Huntara Pengawu, Huntara Mamboro. Ada 28 KK pada Huntara Pengawu, dan 30 KK Huntara Donggala Kodi.

Selain itu, ungkap Wahyu, bahwa sebagian penyintas juga tidak memiliki alas hak tanah, tetapi ada 21 KK yang tinggal dirumah Nelayan juga belum mendapat hak sebagai penyintas bencana.

Senada dengan itu, Sri, Tini Haris, Pat, dan Nelan juga meminta perhatian Pemerintah, agar mereka secepatnya mendapat bantuan, ungkap warga penyintas ini dihadapan tim mewakili Gubernur Sulteng.

Sehingga besar harapan KCB kepada Pemerintah Daerah untuk mempercepat pemenuhan hak – hak penyintas bencana tersebut.

Mendengar hal itu, Mewakili Gubernur Sulteng, Asisten Pemerintahan dan Kesra, Ir. Faisal Mang, menyampaikan, bahwa penanganan bencana adalah penanganan yang berjenjang.

Jadi kata dia, Jenjangnya mulai dari Pemerintah Pusat, Provinsi dan Kabupaten /Kota, olehnya diharapkan kepada Ketua komunitas agar dapat memberikan data yang akurat, apa permasalahannya, dan kenapa masyarakat penyintas tidak mendapatkan bantuan.

Kepastian akuratnya data itu, sambung Tim Ahli Gubernur M. Ridha Saleh, S.Sos, MH sebagai dasar pengambilan kebijakan Gubernur.

Sehingga Ridha Saleh berharap kepada KCB, untuk memberikan data yang akurat dan dapat dipertanggungjawabkan.

“Agar lebih akurat laporan kepada Gubernur, dan Gubernur dapat mengambil kebijakan untuk penyelesaian masalahnya.

Olehnya, berikan data akurat kepada Pemerintah, jangan sampai kebijakan Gubernur akan menjadi masalah baru dalam penanganannya,” pinta Ridha Saleh.

Biro Adm Pimpinan 

News Feed