4 Personel Polda Sulteng Ikut Misi Perdamaian PBB di Afrika Tengah, Ini Tugasnya!

Bahanaindonesia.com – Satgas Garuda Bhayangkara FPU 4 MINUSCA telah menjalani misi perdamaian PBB di wilayah Konflik Afrika Tengah sejak bulan September 2022 lalu di mana Pasukan Garuda Bhayangkara FPU 4 MINUSCA ini dilepas langsung oleh Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si di Markas Besar Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Pasukan Garuda Bhayangkara FPU 4 Minusca yang kini di pimpin oleh KBP. Wahid Kurniawan, S.I.K mengatakan bahwa pasukan yang terlibat dalam misi ini memiliki kemampuan seperti penanggulangan huru-hara, Search And Rescue (SAR), Penjinakan Bom, Investigasi, Intelijen, Kontra Teroris, Perlindungan Very Very Important Person (VVIP), penembak jitu, komunikasi elektronik, Driver, mekanik dan Memasak.

Dalam misi yang diwajibkan harus memiliki kemampuan berbahasa Prancis (frangkofon) tersebut, empat personel yang mewakili Polda Sulawesi Tengah saat ini sedang berada di lokasi perdamaian PBB.

Berikut empat personel Polda Sulteng yang tergabung dalam misi perdamaian PBB, yaitu:

  1. Aiptu M. Taufik Azwar (SPN Polda Sulteng) Jabatan Driver Taktis Alpha.
  2. Brigadir Moh. Nurhidayat (Bag SDM Polresta Palu Polda Sulteng) Jabatan Pasukan Taktis Bravo.
  3. Briptu Karisma Adi Pratama (Ditreskrimsus Polda Sulteng) Jabatan Pasukan Taktis Bravo.
  4. Briptu Fitria Budi prastiwi .S.I.kom.MH(Ba Dit lantas Polda Sulteng) Jabatan Pasukan Taktis Bravo.

Aiptu Taufik Aswar selaku senior utusan Polda Sulteng mengatakan, tugas prioritas Minusca yaitu perlindungan masyarakat, perlindungan personil dan aset PBB, ujarnya saat di konfirmasi via WhatsApp Kamis (8/6/2023).

Selanjutnya, mendukung serta melaksanakan perlindungan HAM dan fasilitas penciptaan lingkungan yang aman untuk pengiriman pendampingan kemanusiaan, sambungnya.

Selain itu, tugas FPU dalam misi Minusca diantaranya mendukung operasi kepolisian yang membutuhkan respon terstruktur atau kapasitas terlatih seperti patroli, pengawalan dan tugas kepolisian yang lain, terangnya.

Taufik Azwar mengaku sangat bangga menjadi bagian dari pasukan perdamaian PBB yang mana capaian ini merupakan kedua kali mengikuti misi perdamaian PBB, sebutnya.

“Saya bangga dengan tugas mulia ini karena merupakan impian saya sejak menjadi anggota Polri,” ucapnya.

Ia juga berjanji akan melaksanakan tugas dan tanggungjawab serta kepercayaan dengan sebaik-baiknya demi mengharumkan nama baik Polri di misi perdamaian PBB, pungkasnya.

***