oleh

PPK BP2W Sulteng Zulfikar ST : Pembangunan Kampus Baru IAIN Gunakan Konsep Desain Mitigasi Bencana

PALU – Pembangunan gedung baru Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Datokarama Palu, Sulteng, dibangun awal 2021 ini merupakan gedung percontohan sebagai mitigasi bencana, khususnya bencana gempa dan tsumani.

Demikian disampaikan Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BP2W) Sulteng, Kementerian PUPR, Ferdinan Kana’lo ST,MT melalui Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) wilayah strategis 1 BP2W Sulteng, Zulfikar ST MT, kepada sejumlah wartawan, Kamis,(18/2).

“Pembangunan gedung IAIN Datokarama Palu, notabene bekas tsunami 2018 lalu, akan dibangun kembali dengan konsep mitigasi bencana,” ungkapnya.

“Dan bangunan IAIN Palu, Insya Allah akan dijadikan percontohan mitigasi bencana se Indonesia, karena bangunan yang baru pertama dengan desain begini,” ungkapnya lagi.

Zulfikar, pria kelahiran asli Tawaeli itu, menuturkan bahwa pembangunan IAIN Palu 2021, lebih rinci yang dibangun item diantaranya, gedung auditorium, gedung student center, gedung perkuliahan, gedung TK, power house, dan landscape.

“Gedung baru IAIN Palu ini dibangun 4 lantai, tapi bagian dasar bawahnya atau lantai dasar kosong, cuma boleh untuk parkiran,” terang pria berambut cepak dan multitalenta itu.

“Intinya konsep ini untuk mengingatkan kita pada bencana tsunami 2018 lalu, maka dengan mitigasi bencana diharap bangunan ini bisa jadi percontohan di Sulteng, maupun daerah lainya di Indonesia,” pungkasnya.

diketahui, pelaksanaan pembangunan project reconstruktion of islamic University of Palu ini telah dimulai sejak kontrak bulan Juni 2020 lalu, dengan pengeboran Bord Phile pertama, pada (8/2) lalu. Proyek ini dikerjakan oleh kontaktor Nasional PT Totalindo Eka Persada, Tbk. dan sumber dana Asian Development Bank (ADB).

(Frm)

News Feed