oleh

Tim SK 78 Menangkan Lomba Desain Mesjid Raya Darussalam Sulteng

PALU – Setelah melalui masa penjaringan, penilaian sampai masuk tahap ke dua, dari tiga kandidat, akhirnya Panitia telah menetapkan pemenang pertama desain Mesjid Raya Darussalam Propinsi Sulteng, pada Rabu 20 Mei 2020 di ruangan Polibu Kantor Gubernur Sulteng.

Surat keputusan itu dibacakan Ketua Majelis Ulama Indonesia Kota Palu, Prof. Zainal Abidin, dihadapan ketiga dewan juri dan peserta yang di saksikan secara terbuka tanpa ada rekayasa.

Dari ketiga nominasi terpilih, Tim SK 78 yang dikomandoi oleh Alief Lasimpara, ST, Muh Rihardi, Dedi Rachmad, S.Ars dan Rumantri, S.Ars, sebagai pemenang pertama, dengan memiliki keunggulan poin 79, 43.

Pemenang kedua, Tim SP 18 dengan poin 76, 89 dan ketiga Tim SK 54 meraih poin 74, 69.

Panitia berjumlah sembilan orang terdiri dari Akedemisi dalam hal ini Dekan Fakultas Tehnik Untad Palu, sejarawan, dan Tim ahli tata desain, Budayawan, Agama serta dinas terkait.

Dalam kesempatan itu, Tim juri diberi kesempatan dari pihak panitia untuk mendengarkan setiap pemaparan dari ke tiga Tim, terkait maksud dan memiliki makna arti luas setiap desain yang di tampilkan melalui layar infokus.

Tentunya semuanya menampilkan sisi yang sangat berbeda – beda dengan memasukan simbol – simbol wilayah dan kejayaan tentang Islam di Sulawesi tengah pada khususnya.

“Akan tetapi setelah mendengar semua penjelasan peserta dari ke tiga Tim, pada intinya kami merasa puas dan senang karena mereka memiliki semangat kuat dalam menampilkan hasil karya desain mesjid Raya Darussalam yang bakal menjadi salah satu aikon terbaru di Sulawesi Tengah nantinya.

Apalagi mereka masih muda – muda, ganteng dan cantik – cantik, cetus Zainal Abidin dengan nada candanya.

Terkait pemenang yang diraih oleh Tim SK 78 dan memiliki nilai tertinggi kami melihat masuk kategori penilaian besar adanya, ” Tujuh belas Kuba berbentuk mutiara menandakan kesabaran dan menandakan Tujuh belas rakaat dalam satu hari jumlah sholat fardhu “. Paparnya.

Kelak pemenang ini, sambung Ketua MUI, bakal di panggil khusus menghadap Gubernur dan Sekda Sulawesi Tengah sekaligus Dinas Binamarga, membicarakan berbagai hal untuk pembangunanya kelak di tahun depan.

“Insya Allah kalau sudah selesai wabah pandemik Covid 19, jelas Zainal Abidin.

Dalam amatan awak media ini, kegiatan itu dihadiri langsung Gubernur Sulawesi Tengah Drs.H.Longki Djanggola, M.Si, dan Sekretaris Prov.Sulteng Hidayat Lamakarate, serta Kepala Dinas Binamarga Sulteng Syifullah Djafar.

( nsr )

News Feed