oleh

Pungutan Dana Covid 19, Sekkab Sigi Minta Para Camat Kembalikan Uang Desa

SIGI- Sejumlah Camat di Wilayah Sigi, khususnya Kecamatan Kulawi Induk, Kulawi Selatan, Pipikoro dan Lindu dikabarkan telah melakukan pungutan kontribusi ditengah Pandemi COVID 19 kepada puluhan Kepala Desa yang berada dibawah taktisnya.

Terkait permintaan dana penanganan Covid yang diminta oleh pihak Kecamatan kepada sejumlah Kepala Desa itu, mendapat kecaman keras dari Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Sigi, drs Moh Basir Lainga SE Spd MPd.

Ditemui diruangannya pekan lalu, Sekda Sigi ini secara pribadi tidak membenarkan tindakan yang dilakukan oleh Camat di Empat wilayah di Sigi tersebut.

“Setelah saya menerima informasi soal permintaan dana itu, saya langsung menelpon Kepala BPMD, untuk menanyakannya.

Dan akhirnya, diinfokan ke saya lagi, itu memang betul ada permintaan dari Kecamatan. Untuk itu saya langsung perintahkan agar segera dikembalikan,” kata Basir (sapaan, red) dengan tegas.

Menurutnya, berdasarkan penjelasan yang Ia (Basir, red) sempat terima, bahwa permintaan dana oleh pihak Kecamatan kepada para Kepala Desa, disebabkan di awal maraknya wabah Covid, di beberapa Daerah Kecamatan tersebut tak memiliki anggaran khusus untuk biaya pembuatan “portal/palang” pemeriksaan Covid di perbatasan daerahnya.

“Jadi antar pihak Puskesmas dan juga Kecamatan berinisiatif untuk meminjam dana pada Pemerintah Desa. Tapi hal itu keliru, karena tidak akab aturan yang membenarkan. Jadi seluruh dana itu harus dikembalikan,” perintah Basir saat ditemui di ruang kerja baru baru ini.

Namun demikian, belum diketahui secara pasti apakah dana yang dimaksud telah dikembalikan oleh pihak Kecamatan atau masih dalam proses pengembalian saja.

Informasi yang dihimpun media ini, Dana pungutan kontribusi diterima pihak Kecamatan dalam setiap Desa dengan jumlah yg bervariasi, berkisar Rp 3.000.000 – Rp 5.000.000 ( Tiga juta – Lima Juta Rupiah ) per Desa. Jika diakumulasikan, dana terkumpul berkisar puluhan juta bahkan ratusan juta rupiah.

Ditempat terpisah Camat Pipikoro yang dikonfirmasi, pihaknya berjanji akan mengembalikan dana kontribusi tersebut kepada Desa.

“Kami sudah merapatkan bersama di Kecamatan pak, dana tersebut akan kami kembalikan kepada pihak desa dalm waktu dekat,” ujarnya saat dihubungi dibilik telfonnya.

Sementara Camat Kulawi Induk, Kulawi Selatan dan Lindu hingga saat ini belum dapat terkonfirmasi dengan baik.

“Saya belum tau pak jumlah pastinya, nanti saya tanyakan kembali, saya hubungi bapak,” ujar Camat Lindu saat dihubungi melalui kontaknya.

Pun Camat Kulawi Selatan, “Saya masih dijalan pak, nanti saya telfon kembali jika sudah sampai,” Imbuh Camat Kulawi Selatan dibalik telfonnya saat dihubungi.

Hingga saat ini (5/7) penelusuran media ini, para Kades belum menerima pengembalian dana tersebut.

(Adr)

News Feed