oleh

Perkuat Sinergitas Polri – Pers, Kapolda Gelar Ramah Tamah bersama Media di Sulteng

PALU -Menjelang pelaksanaan Pemilihan kepala daerah serentak tahun 2020, Polda Sulawesi Tengah mengundang sejumlah insan pers (wartawan) di Kota Palu dalam acara ramah tamah dengan Kapolda Sulteng yang berlangsung di Aula Torabelo Polda Sulteng, Selasa (15/9/2020).

Ramah tamah yang digagas Bidhumas Polda Sulteng ini mengangkat tema peran media dalam menciptakan pilkada serentak 2020 di Provinsi Sulawesi Tengah yang aman, lancar, kondusif dan sehat.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Kapolda Sulteng Irjen Pol. Drs. Abdul Rakhman Baso, SH, didampingi Wakapolda Brigjen Pol. Drs. Nurwindiyanto,MM, Irwasda, Kabidhumas Polda Sulteng dan para pejabat utama Polda Sulteng.

Dan dihadiri sejumlah pimpinan redaksi media lokal baik cetak, Elektronik (TV dan Radio) dan Online. Serta puluhan awak media lokal dan perwakilan media Nasional di Kota Palu yang selama ini aktif melakukan peliputan di Polda Sulawesi Tengah.

Dalam sambutannya dihadapan awak media Kapolda Sulteng Irjen Pol. Drs. Abdul Rakhman Baso, SH menyampaikan acara ramah tamah ini merupakan tindak lanjut dari tujuh program prioritas kapolri yaitu ”pemantapan manajemen media” sekaligus silaturahmi antara kepolisian daerah sulawesi tengah dengan awak media guna memperkuat sinergitas Polri dan Pers di Sulawesi Tengah.

“Selaku pimpinan polda sulawesi tengah saya mengucapkan terima kasih kepada media cetak, elektronik dan online karena telah banyak memberitakan tentang pengungkapan kasus ataupun keberhasilan polda sulawesi tengah, yang sering dipublikasikan di tv atau di media lainnya. Publikasi dari media, sangat membantu meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap kinerja polisi,” ujarnya yang disambut tepuk meriah para awak media.

Mantan Wadan Korbrimob Polri ini juga mengatakan bahwa paradigma pers ke depan bukan hanya sebagai pemberi informasi, namun juga bisa mencari celah untuk melakukan hal baru, seperti dalam penanganan hoax.

“Hal ini perlu kita pahami bersama, jadi bukan hanya sekedar memberikan informasi, tapi juga harus mampu memberikan edukasi bagaimana menerima dan menelaah informasi yang bersifat hoax. Mampu menilai infomasi yang bermanfaat maupun kurang bermanfaat. Insan pers bisa menjadi bagian dalam melakukan upaya/gerakan stop informasi berita hoax,” pintanya.

“Saya berpesan kepada seluruh pimpinan media dan redaksi serta seluruh rekan-rekan wartawan, agar dalam memuat pemberitaan harus menyejukkan dalam penulisan, terutama di tengah situasi pandemi covid-19 dan menjelang pelaksanaan pilkada serentak desember 2020, sehingga tercipta suasana yang nyaman, aman dan damai,” tutup Irjen Pol. Drs. Abdul Rakhman Baso.

Dalam amatan media ini, giat ramah tamah tersebut berlangsung dengan penuh kearaban dan tetap sesuai protokoler kesehatan menggunakan masker. Dengan penuh rendah hati, Irjen Pol. Drs. Abdul Rakhman Baso terlihat turun panggung menyapa dan foto bersama disetiap meja undangan awak media.

“Pak Jendral Rahkman Baso sosok yang supel dan humanis, meski dari basic Brimob beliau memberi kesejukan dan keakraban bagi semua awak media hari ini,” ujar beberapa pimpinan media online di kota Palu.

(Sgl)

News Feed