oleh

OJK Sulteng Laksanakan TOT Industri Jasa Keuangan bagi Tenaga Pendidik

TOLITOLI, BAHANA INDONESIA – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Sulawesi Tengah melaksanakan kegiatan _Training of Trainers_ (TOT) Industri Jasa Keuangan bagi tenaga pendidik di Kabupaten Tolitoli pada hari selasa (20/8) di meeting room Hotel Mitra Utama Tolitoli.

Kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka pencanangan Hari Indonesia Menabung (HIM) Tahun 2019 itu diikuti oleh kurang lebih 100 orang guru-guru SMP dan SMA di Kabupaten Tolitoli.

Ketua Otoritas Jasa Keuangan Provinsi Sulawesi Tengah Gamal Abdul Gafar dalam sambutannya mengatakan, sesuai dengan Strategi Nasional Literasi Keuangan Indonesia, terdapat tiga pilar dalam rangka meningkatkan literasi dan inklusi keuangan yang terdiri dari edukasi dan kampanye nasional literasi keuangan, penguatan infrastruktur literasi keuangan serta pengembangan produk dan jasa keuangan.

Kegiatan TOT yang dilaksanakan ini kata Gamal Abdul Gafar merupakan implementasi dari pilar kedua yaitu penguatan infrastruktur literasi keuangan dengan sasaran guru SMP, SMA dan SMK di Kabupaten Tolitoli dengan sejumlah materi yang diberikan meliputi sektor perbankan pasar, pasar modal, perasuransian dan ke-OJK-an.

Harapannya tambah Gamal Abdul Gafar, peserta dapat menjadi mitra strategis OJK dalam meningkatkan literasi dan inklusi keuangan khususnya kepada pelajar dan masyarakat di Kabupaten Tolitoli.

Sementara itu, Wakil Bupati Tolitoli Hi. Abdul Rahman Hi Budding dalam sambutannya saat membuka kegiatan TOT itu mengatakan berdasarkan survei nasional, literasi dan inklusi keuangan yang dilaksanakan OJK pada tahun-tahun sebelumnya menunjukkan masih rendahnya pemahaman dan pemanfaatan produk dan atau layanan produk jasa keuangan.

Pemerintah Daerah menyadari bahwa belum semua lapisan masyarakat mengenal, memahami maupun terlibat sebagai pengguna jasa bank atau lembaga keuangan lainnya khususnya para pelajar, oleh karena itu kegiatan training of trainers kepada para guru ekonomi tingkat SMP, SMA, dan SMK ini merupakan upaya perwujudan dari bentuk kerjasama yang juga telah dilakukan oleh OJK bersama pemerintah daerah khususnya para tenaga pendidik terkait industri jasa keuangan.

Kepada guru-guru peserta TOT, Wakil Bupati mengharapkan agar mampu dan lebih menguasai materi saat menyampaikannya di kelas serta berbagi informasi yang diketahuinya kepada guru lain bahkan masyarakat di lingkungannya.

“Setelah kegiatan ini diharapkan para peserta training tidak ragu lagi untuk menentukan jasa keuangan mana yang akan digunakan untuk memenuhi kebutuhannya”, kata Wabup.
Sedangkan kepada pihak OJK diharapkan pula agar tidak bosan untuk terus melakukan gerakan inklusi keuangan, memberikan edukasi tentang keuangan, sehingga masyarakat bisa semakin mengenal industri jasa keuangan sebagaimana Strategi Nasional Literasi Keuangan Indonesia.

Hadir dalam acara tersebut, Kepala Perwakilan Bursa Efek Indonesia (BEI) Provinsi Sulawesi Tengah, Pimpinan Bank Sulteng Cabang Tolitoli, Pimpinan Bank Mandiri Cabang Tolitoli dan Pimpinan Asuransi Jasindo Cabang Palu.

Reporter : AMALIA SYAHRULLAH, SP
(Tim Liputan Bagian Humas dan Protokol Setdakab Tolitoli)

News Feed