oleh

Nama Kapolda Sulteng Mencuat Sebagai Bacalon Wagub Jambi

PALU – Nama Kapolda Sulteng Irjen Pol Syafril Nursal, SH.MH mendadak mencuat sebagai salah satu kandidat Bakal Calon Wakil Gubernur Jambi. Jendral aktif bintang dua ini dikabarkan bakal maju Pilgub Jambi sebagai calon wakil Gubernur mendampingi Gubernur petahana Fahrori Umar.

Informasi yang dihimpun, Fahrori Umar dan Syafril Nursal diketahui telah mendapat SK rekomendasi Partai Demokrat besutan Susilo Bambang Yudhoyono. Dan berhembus dipastikan juga bakal diusung Partai Gerindra dan Hanura yang sudah lebih dulu mendukung sang petahana Fahrori.

Diketahui, selain masih aktif dinas di Polri, Syafril juga dikenal aktif di sejumlah organisasi kemasyarakatan. Salah satunya menjabat sebagai Ketua Himpunan Keluarga Kerinci Nasional (HKKN) Kerinci

Terkait kemunculannya namanya, dikutip dari media online jambi expres, Syafril mengatakan bahwa dia diminta oleh Fachrori Umar untuk mendampingi menjadi Wakil. Permintaan itu disampaikan langsung oleh Fachrori Umar melalui surat.

 “Diminta oleh pak Fachrori untuk mendampingi beliau sebagai calon wakil. Suratnya dikirim langsung secara tertulis oleh pak Fachrori,” ujar Syafril Nursal melalui keterangan tertulis, Jakarta, 19 Agustus 2020.

Ketua Umum Badan Musyawarah Keluarga Jambi Nasional ini mengatakan bahwa ia menyambut baik niat baik tersebut. Ia mengatakan bahwa ada sejumlah alasan Fachrori memintanya untuk bersama-sama membangun Jambi. Alasan utamanya karena Fachrori menilai Syafril Nursal sebagai sosok yang berintegritas, berprestasi dan berpengalaman dalam mengemban tugas negara.

“Sebagai putra berdarah asli Jambi tentu ingin bersama-sama membangun tanah kelahiran. Karena sejauh manapun kita terbang dan berjalan, tanah kelahiran tak akan pernah terlupakan,” ucapnya.

Jelang akhir masa jabatannya, Kapolda Sulawesi Tengah Irjen Pol H. Syafril Nursal, SH, MH. terus memimpin operasi Tinombala. Bersama TNI, Jenderal Polisi bintang dua ini melaksanakan tugas mulia untuk negara dalam memberantas dan memburu kelompok sipil bersenjata di pegunungan Poso, Sulawesi Tengah atau lebih dikenal kelompok Mujahidin Indonesia Timur (MIT).

“Alhamdulillah dipenghujung tugas sebagai Kapolda Sulawesi Tengah masih memimpin operasi tinombala pemberantasan teroris Mujahidin Indonesia Timur,” ujar Kapolda Sulawesi Tengah Irjen Pol Syafril Nursal di Markas Operasi Tinombala Poso, Sulawesi Tengah, Rabu (19/8).

Loyalitas dan tanggung jawab Syafril Nursal dalam mengemban amanah dan tugas negara tak diragukan lagi. Salah satu buktinya, ia terjun langsung ke lapangan bersama Pangdam XIII Merdeka Mayjen TNI Santos G. Matondang, M.M, M.Tr dan Danrem 132 Tadulako serta Wakapolda Sulawesi Tengah.

Diketahui pula, belum lama ini, kurang lebih ada 410 Pati dan Pamen Polri yang dirotasi sebagaimana tertuang dalam enam Surat Telegram Kapolri tanggal 3 Agustus 2020.

Salah satu yang dilakukan pergeseran adalah Kapolda Sulteng Irjen Pol. Drs. Syafril Nursal, SH, MH, Ia dimutasi menjadi Analisa kebijakan utama lemdiklat Polri, penggantinya Brigjen Pol. Drs. Abdul Rahman Baso, Wadan Korbrimob Polri.

Hingga saat ini jadwal giat serah terima jabatan Kapolda tersebut masih dalam proses.

Syafril Nursal merupakan Jenderal Polisi bintang dua aktif yang akan memasuki masa pensiun sekitar 2 bulan lagi, yakni pada 3 Oktober 2020.

(***)

News Feed