oleh

Sebagai Khatib Shalat Id, Kadis Kominfo Sigi Ajak Jamaah Banyak Bersabar Ditengah Pandemi Corona

SIGI-  Kadis Kominfo Sigi Dr.H.Anas Yalitoba,S.Sos.,MM pada Shalat Idul Fitri 1441 H, Minggu( 24/5) menjadi khatib di RT 4 dusun 1 Desa Kotapulu Kecamatan Dolo Kabupaten Sigi.

Dalam khutbahnya yang berjudul “Shalat Id ditengah Pandemi Covid-19” kepada beberapa jamaah, Ia menyampaikan pentingnya mengucapkan rasa bersyukur,  pada bulan suci Ramadhan 2020, meski dengan suasana berbeda dengan tahun sebelumnya (red) ditengah Pandemi Corona ini semuanya dapat dilalui bersama.

“Semua umat muslim yang ada muka bumi ini sedang di uji oleh Allah SWT, dengan mewabahnya virus Corona (Covid-19) yang sangat berbahaya ini, sehingga banyak amal ibadah yang lazimnya kita jalankan dengan berjamaah di Masjid.

Seperti, shalat lima waktu, Jumat, Tarawih dan shalat idul Fitri, harus kita kerjakan dirumah sesuai dengan petunjuk dari para ulama dan Umara yang berwenang, ujarnya.

Sambungnya, Ibadah puasa di maksudkan untuk membentuk kita semua menjadi hamba yang bertaqwa kepada Allah SWT.

Didalam bulan ramadhan banyak hal yang dalam kondisi normal kita, boleh melakukannya karena hukumnya mubah.

Tetapi selama puasa disiang hari kita dilarang melakukannya seperti makan, minum dan hal-hal lain yang membatalkan puasa.

“Semua itu untuk melatih kita menjadi manusia yang mampu menahan diri. Jika terhadap hal-hal yang sebenarnya kita boleh melakukanya namun kita menahan diri.

Maka apalagi terhadap hal-hal yang memang dilarang. tentu kita mampu meninggalkan larangan itu, “ucapnya dalam Khutbah.

Terlebih, sudah dua bulan lebih kita terkurung dalam rumah, sehingga kita tidak bebas bergiat diluar rumah, termasuk dalam menjalankan ibadah shalat berjamaah, saat ini pun kita melaksanakan shalat idul Fitri dihalaman dan bukannya di masjid sebagaimana lazimnya.

“Kita harus sabar menerima kenyataan ini, karena apa yang kita lakukan tidak lain adalah dalam rangka menaati Allah, Rasulullah, para ulama dan Umara.

Intinya, agar kita selamat dari ancaman wabah virus Corona, memang sebagai orang beriman, kita wajib taat kepada Allah. Ketaatan kepada Allah membawa konsekuensi dan kita juga harus taat kepada Rasul-Nya.

( skd)

News Feed