oleh

Mediasi Bentrokan Warga, Kapolres Sigi Himbau Warga Jaga Kamtibmas

SIGI – Sehari pasca terjadinya pèristiwa bentrokan kesalahapaman warga yang terjadi pada Rabu malam, (2/9/2020) sekitar pukul 23.30 Wita. Kapolres Sigi, AKBP Yoga Priyahutama, SH, S.Ik turun langsung di Tempat Kejadian Perkara (TKP) untuk melakukan mediasi (perdamaian) antara warga Desa Pesaku dan Rarampadende Kecamatan Dolo barat Kabupaten Sigi Sulawesi Tengah.

Dalam kegiatan mediasi ini, Kapolres Sigi, didampingi Kasat Intel Polres Sigi dan Kapolsek Dolo, Danramil Dolo Kapten INF Sjaroni Sasela, Camat Dolo Barat, Kades Pesaku, Kades Rarampadende dan Kades Luku. Ketua -ketua BPD, para kepala dusun dan ketua RT, Tokoh adat, dan para perwakilan pemuda Desa Rarampadende dan Desa Pesaku.

Dalam arahannya, Kapolres Sigi berharap mediasi ini menjadi titik akhir perdamaian yang baik. Dan berharap agar diantara kedua belah pihak tidak saling dendam lagi dan bersama menjaga kamtibmas di Kabupaten Sigi.

Polres Sigi juga sangat mengapresiasi kehadiran perwakilan pemuda pesaku dan rarampadende dalam kegiatan mediasi, guna untuk menyelesaikan masalah dengan kekeluargaan. Dan berharap pemuda aktif dalam kegiatan yang positif, sehingga menciptakan generasi muda yang produktif, seperti giat keagamaan dzikir, atau kegiatan olah raga bola kaki.

Sementara itu, Camat dolo barat menghimbau kepada para tokoh masyarakat terutama seluruh perangkat ke dua desa tersebut untuk bersama-sama menjaga situasi keamanan masing-masing desa dan mempertegas aturan lembaga adat untuk berperan aktif dalam menyelesaikan permasalahan antar warga tersebut.

Ditempat yang sama, dalam arahannya Danramil Dolo meminta kepada warga masyarakat ke dua desa untuk saling menjaga dan tidak terpancing akan hal-hal yang memicu konflik antar ke dua desa lagi. Ia juga berharap kejadian ini tidak terulang lagi.

Diketahui pemicu konflik kesalafahaman perselisihan antar warga ini, berawal dari tindakan atau aksi individu atau se kelompok pemuda yang melakukan tindakan provokasi sehingga memancing keributan antar warga ke dua desa.

( hms/Nisa)

News Feed