oleh

LPP RRI dan RAPI Teken MOU Informasi Kebencanaan Seluruh Indonesia

PALU – Dalam rangka memberikan pelayanan informasi secara baik, benar, cepat dan akurat kepada publik serta bertujuan agar dapat bersinergi dalam tugas dan tanggung jawab terhadap pemberitaan melalui sarana yang tersedia yang dimiliki bersama.

Lembaga Penyiaran Publik (LPP) Radio Republik Indonesia (RRI) dengan Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) telah menandatangani nota kesepakatan bersama Momerandum Of Under Standing (MoU), secara serentak diseluruh wilayah di Indonesia.

Untuk di sulawesi tengah, penandataganan MoU tersebut telah dilakukan oleh Lembaga Penyiaran Publik (LPP) Radio Republik Indonesia (RRI) yang diwakili di daerah LPP RRI Palu Kabag Tata Usaha LPP RRI Palu, Ni Ketut Suryaningsih,S.Sos dan Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) Daerah 23 Sulteng diwakili oleh Ketua Drs.Abdul Raaf Malik, M.Si/JZ23ABC, berlangsung di Studio RRI Pro 2 Palu, Jumat (10/7/2020).

Adapun kerjasama yang tertuang dalam MoU adalah terkait pemberitaan kegiatan olahraga, sosial kemasyarakatan dan peyelenggaraan kemanusiaan lainnya yang layak untuk pemberitaan.

Kemudian terkait, ruang lingkup kerjasama mengenai tanggap bencana, pencarian pertolongan, bencana alam dan marabahaya.

Dan untuk ruang lingkup kerjasama dipoin terakhir adalah terkait kegiatan yang bersifat keorganisasian.

Untuk pelaksanaan yang termuat pada MoU Pihak LPP RRI menyiarkan pemberitaan yang bersumber dari RAPI yang berasal dari daerah manapun sepanjang terjangkau oleh stasiun radio RAPI yang meliputi kegiatan kamtibmas, sosial kemasyarakatan, pencarian/pertolongan, kejadian bencana alam dan peristiwa kemanusiaan lainnya.

Ketua Umum Radio antar penduduk Indonesia (RAPI) H Agus Sulistiyono,SE.MT dalam sambutannya mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi atas langkah LPP RRI untuk bersama-sama melakukan kejasama, karena Rapi adalah organisasi sosial berbasis komunikasi dan memiliki pasukan yang siap jika dibutuhkan.

“Kebanggaan kami sungguh luar biasa untuk Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) memiliki slogan yang hampir menyamai sama sekali yakni diudara tetap diudara. Maka sudahlah yang tepat untuk melakukan kerjasama.” Ungkapnya

Sementara itu, Direktur Utama LPP RRI, M.Rohanudin, dalam sambutannya melalui Zoom Meeting, mengingatkan bahwa pendiri Rapi adalah Mayjend TNI (Purn) Dr.H Edi Marzuki Nalaprayab telah berumur 90 tahun, itulah sebenarnya ruh dan cahaya bagi indonesia, yang menyinarkan cahaya baik untuk indonesia.

Sehingga munculah generasi-generasi Rapi sekarang ini dan bangkit bersama masyarakat indonesia secara gotong royong dan bersama-sama menanamkan kebaktiannya keberpihakannya kepada NKRI dalam hal-hal bhakti sosial dan kemanusian.

“Dalam hal-hal kemanusian, ini menjadikan sangat penting, mungkin banyak orang tidak mengetahui tugas-tugas dari Rapi. Mereka ada dimana-mana, dimana ada gempa, dimana ada gelombang dashyat, dimana ada Tsunami disitulah teman-teman kita, sahabat kita anggota Rapi berada di udara dan mengucapkan salam dan menyampaikan berita-berita penting bantuan kemanusiaan sejak berdiri sampai sekarang,” katanya.

Ia juga menambahkan, untuk saling bersama-sama dan sepakat memberikan informasi yang tercepat, benar dan tidak ada kamuflase berita kepada masyarakat dan pesan ini dititipkan kepada karyawan/karyawati RRI dan Anggota Rapi di seluruh Indonesia dan tetap menitipkan hatinya kepada NKRI.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) Daerah 23 Sulteng Drs.Abdul Raaf Malik, M.Si/JZ23ABC mengatakan RAPI dan LPP RRI akan selalu bersinergi dalam penyampaian informasi kebencanaan kepada publik khusunya di Sulawesi Tengah.

“RAPI akan memberikan kontribusi informasi kebencanaa, dan sebagai informan, kontributor atau nara sumber sesuai yang dibutuhkan RRI di seluruh Indonesia, dan harapannya kita bisa memberikan informasi tentang kebencanaan secara cepat dan akurat.” tuturnya

Penandatanganan MoU ini dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia oleh Dirut LPP RRI dengan Ketua Pengnas RAPI di Jakarta dan diikuti para Kasatker dengan RAPI Wilayah/Daerah yang berlangsung secara virtual.

(Dhankz)

News Feed