oleh

GMC 19 Sulteng Sarankan Pemda Membangun Sistem dan Srategi Kewaspadaan Daerah

PALU – Forum GMC-19 (Gerakan Melawan Covid-19) Sulawesi Tengah menilai pola penanganan wabah epidemi Covid-19 sepatutnya dilakukan dengan membangun sebuah sistem dan strategi kewaspadaan daerah yang lebih bersifat komprehensif.

Bukan dengan pola penanganan yang mencerminkan kepanikan dan kecemasan yang berlebihan, sehingga menimbulkan dampak psikologi, ekonomi, sosial yang begitu luas dikalangan masyarakat.

Forum GMC 19 Sulteng menilai pola penanganan wabah Corona saat ini, masih bersifat sporadis dan parsial. Pola penanganan seperti itu dikhawatirkan akan menimbulkan akses psikologi, eknomi, sosial yang bakal meluas dikalangan masyarakat.

Mestinya, menurut Forum GMC 19, pola penanganan wabah Covid-19 melalui bangunan sistem dan strategi kewaspadaan daerah, yang berorientasi pada upaya untuk mengurangi kecemasan masyarakat, dan lebih mengedepankan tetap terjaganya rutinitas kehidupan berjalan sebagaimana biasa.

Sistem dan strategi kewaspadaan daerah terbangun dengan melalui kebijakan utama melakukan lockdown terbatas diseluruh wilayah sulteng, mengatur sirkulasi kebutuhan pokok warga masyarakat, menata dan mengelola kedispilinan warga sampai ditingkat Lingkungan/RT dan dusun.

Selain itu, mengatur dan menata sarana dan prasarana kesehatan disemua tingkatan, mengatur dan menata media informasi, mengembalikan rutinitas kehidupan warga dalam bingkai sistem dan starategi kewaspadaan Daerah dengan membuka kembali semua akses pelayanan Pendidikan, Peribadatan, aktifitas usaha warga pada umumnya.

Membangun sistem dan strategi kewaspadaan daerah dibutuhkan keberanian pemimpin daerah di Provinsi Sulawesi Tengah, karena jika itu tidak dilakukan, justru kita akan semakin lama bermain diwilayah tidak nyaman, dikhawatirkan dalam suasana batin kecemasan yang semakin membuncah, ujungnya akan menimbulkan ekses yang lebih berat.

Untuk itu, Forum GMC-19 Sulteng meyatakan sikap kesiapan untuk bersama-sama Pemerintah Daerah, mencari solusi yang lebih tepat untuk menangani wabah epidemi corona di daerah kita.

Demikian reles resmi Gerakan Melawan Covid 19 Sulteng, tanggal 23 April 2020.

Kilas balik Forum GMC 19 Sulteng

Gerakan kemanusiaan melawan covid 19 ini muncul atas kesadaran dan inisiatif kawan – kawan Pers, NGO, dan pemerhati lainnya untuk memerangi pandemi Covid-19 dan memutus penyebarannya.

Wadah ini dinamai FORUM GERAKAN MELAWAN COVID 19 yang disingkat ‘Forum GMC – 19 Sulteng’

Semua yang masuk dalam Forum ini adalah mereka yang sangat peduli kemanusiaan tanpa sekat dan secara sadar memahami hanya dengan kebersamaan apapun dapat kita hadapi, tak kecuaĺi Virus Corona.

 

Berbagai latar belakang profesi yang ada dalam Forum ini bisa membuat kita kuat dan dengan kekuatan ini kita bekerja.

Harapan kita semua tentunya keberhasiĺan dalam gerakan. Semoga Gerakan yang kita lakukan membantu Pemerintah dengan mendukung kebijakan – kebijakan berpihak pada Rakyat menguatkan Negara.

Semoga Allah Yang Maha Kuasa meridhoi dan menguatkan kita semua…Aminn…

Program Utama Forum GMC 19
Meliputi :
– Pembagian Masker
– Penyemprotan Cairan Disinfektan di T4 Umum
– Pembagian paket Sembako (kebutuhan harian)
– Pembagian Selebaran Pencegahan Covid 19

Ayo Cegah, Lawan & Berantas Covid 19
#Forum GMC 19 Prop.Sulteng#

Ikbal Borman SH
Ketua GMC 19 Sulteng

***

News Feed