oleh

Jufri Manto : Optimalkan Koperasi Sehat dan Mandiri

BUOL, BAHANA INDONESIA – Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Buol, terus berupaya melakukan pembinaan terhadap koperasi yang ada di wilayah setempat agar lebih berkualitas dan mampu menjalankan fungsinya dengan baik dan benar, dalam meningkatkan kesejahteraan masyrakat.
“Saat ini kita fokus pada pembinaan, baik menejemen koperasi maupun meningkatkan motivasi berkoperasi pada anggota koperasi dan masyarakat umum” kata Kepala Dinas Jufri Manto, (28/9).

Menurut Dia, gerakan koperasi merupakan suatu pola pengembangan ekonomi kemasyarakatan yang efektif. Karena dengan adanya koperasi kejehteraan masyarakat dapat terwujud.
“Semoga koperasi di Kabupaten Buil semakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, sehingga tujuan koperasi sebagai salah satu sarana menyejahterakan masyarakat bisa terealisasi,” terangnya

Jufri Manto menambahkan pihaknya terus meningkatkan kualitas koperasi sehat dan mandiri. Satu diantaranya, dengan meningkatkan jumlah koperasi aktif. Koperasi aktif ini ditandai dengan selalu melakukan rapat anggota Tahunan (RAT). Hingga tahun ini koperasi berjalan aktif 115 koperasi.

“Kita terus melakukan pembinaan setiap tahunnya agar koperasi ini tetap berjalan dan sehat, dengan upaya selalu mengingatkan untuk RAT tepat waktu, koperasi yang ada juga dilakukan pengawasan untuk tetap taat dengan peraturan perkoperasian,” jelas Kadis

Jufri Manto menjelaskan, koperasi sebagai organisasi ekonomi diharapkan dapat menjadi sehat, kuat, mandiri, tangguh dan terpercaya sebagai entitas usaha ekonomi yang mendasarkan kegiatannya pada nilai dan prinsip Koperasi. Sekaligus dapat berkembang melalui peningkatan kerjasama, potensi, dan kemampuan ekonomi anggota, serta dapat berperan aktif dalam perekonomian daerah, Nasional dan global.

Setiap koperasi yang ada di Kabupaten Buol diharapkan dapat terus berusaha mengembangkan dan memberdayakan diri, sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan anggotanya dan masyarakat pada umumnya.

“Koperasi juga harus berusaha berperan nyata untuk mengembangkan dan memberdayakan tata ekonomi daerah yang berdasar kekeluargaan dan demokrasi ekonomi dalam rangka mewujudkan masyarakat sejahtera,” pungkas Jufri Manto mengakhiri.

(Basri)

News Feed