oleh

H- 3 Pendaftaran Paslon, Ketua KPU dan Bawaslu Sigi Temui Kapolres

SIGI – Pilkada serentak yang akan dilaksanakan pada tanggal 9 Desember 2020 ditengah Pandemi Covid-19 tentunya akan sedikit memiliki prosedural yang berbeda karna harus selalu mematuhi protokoler kesehatan.

Senin 31 Agustus 2020, terlihat Ketua KPU dan Ketua Bawaslu Kabupaten Sigi menemui Kapolres Sigi untuk melakukan koordinasi.

“Tujuan kedatangan pihak KPU dan Bawaslu adalah terkait dengan akan dimulainya pendaftaran bakal pasangan calon bupati dan wakil bupati Kabupaten Sigi. Peran polisi seperti apa nantinya apakah kami akan dikawal atau seperti apa? Prinsipnya ini adalah koordinasi awal,” ungkap Hairil selaku Ketua KPU Kabupaten Sigi.

Ditemui didepan Mapolres Sigi, kepada sejumlah awak media, Hairil juga menjelaskan terkait proses verifikasi paslon dijalur independen yang sekarang menjadi polemik dimasyarakat Kabupaten Sigi. Saat ini sementara berproses di Bawaslu. “Dan kalau memang disidang, pihak KPU menunggu jadwal sidang,” imbuhnya.

Mekanisme prosedur sebagai penyelenggara pemilu terus berproses pihak KPU pada saat ini mempersiapkan untuk tahap pendaftaran yang dimulai dari tanggal 4 – 6 September 2020. Dan dihari inipun pihak KPU melakukan simulasi, jelas Hairil.

Senada dengan dengan KPU, pihak Bawaslu pun menegaskan kesiapan mereka dalam mengawal proses pemilu.

Kesiapan ini kata Ketua Bawaslu Sigi, dalam menghadapi pemilu dan tahapan pendaftaran bagi pasangan calon, bawaslu siap, dan fokus melakukan pengawasan untuk tahapan pendaftaran yaitu syarat pencalonan dan syarat calon, karna setiap tahapan punya potensi kerawanan.

Untuk gugatan perseorangan atau independen pihak bawaslu telah menerima laporan sengketa pemilihan, pihak bawaslu masih memberi ruang untuk pencalonan independent melakukan perbaikan, dengan batas waktu yang telah ditentukan.

“Adapun syarat administrasi seperti keterpenuhannya syarat formil dan materilnya apabila semua terpenuhi maka pihak Bawaslu akan melakukan pleno ditingkat pimpinan, untuk laporannya diterima atau tidak itu akan disampaikan Selasa, 1 September 2020, Jelasnya.

Bawaslu Kabupaten Sigi juga menghimbau kepada seluruh masyarakat di Sigi untuk sama-sama berperan aktif mengawasi proses tahapan pilkada Bupati dan wakil bupati, Gubernur dan wakil gubernur saat ini.

(Nisa/Rezka)

News Feed