oleh

Ditengah Pandemi, Jelang Pilkada Serentak Dukcapil Sigi Validkan Sajian Data Penduduk

SIGI – Tidak dapat dipungkiri dampak pandemi Covid 19 hingga saat ini masih masih sangat dirasakan. Bukan hanya dilini kesehatan tapi juga hampir disemua aspek kehidupan, termasuk dalam giat Pemerintahan.

Agar hal itu tidak berlarut-larut sampai dengan waktu yang lama, Pemerintah dengan upaya fase normal baru (melakukan segala aktivitas dengan syarat memenuhi protokol kesehatan).

Seperti halnya menyongsong pilkada serentak 2020, dalam memastikan data, pihak Dinas Dukcapil Sigi sangat berperan penting terkait data penduduk.

“Sampai dengan tanggal 22 Juli 2020 pihak Dukcapil Sigi telah selesai menyajikan data. Data itu DP4 (Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan) melalui Dirjen Dukcapil kirim ke KPU pusat, dari KPU pusat membagikan ke KPU masing-masing Daerah,” ungkap Pasobongan selaku Kadis Dukcapil Sigi.

Menurut Pasobongan, pihaknya menyediakan data dari Usia 0 – 18 tahun, dan untuk data Kepala Keluarga Se-Kabupaten Sigi sampai dengan Desember 2019 adalah 81.137 dari 252.782 Jiwa.

“Untuk data pemilih Dukcapil tidak menyediakan itu, karna itu tugas dari KPU sebagai pihak penyelenggara. Dukcapil berperan sebagai pemutahiran data apabila ditemukan data ganda dalam kependudukan,” Jelasnya.

Selama ini, kata Pasobongan pihak KPU dan Dukcapil selalu berkoordinasi dengan baik demi penyelenggaraan PILKADA di Kabupaten Sigi.

“Sampai saat ini koordinasi kami masih sangat baik, dari KPU sering datang dan mengundang rapat, mereka sangat pro aktif dan kamipun ketika diperlukan kami kunjungi mereka” tandasnya saat ditemui diruangannya belum lama ini.

( Rezka)

News Feed