oleh

Ditengah Pandemi Covid 19, KPK Tahan Dua Tersangka Kasus Dugaan Suap di Lapas Sukamiskin

Jakarta – Meski ditengah Pandemi Covid 19, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK ) terus melaksanakan giatnya dalam Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi, pada hari kamis kemarin 30 April 2020, KPK mengumumkan penahanan terhadap dua tersangka kasus dugaan suap pemberian fasilitas dan izin keluar di Lapas Sukamiskin Kedua tersangka dilakukan penahanan selama 20 hari pertama.

“Pada hari ini, Kamis, 30 April 2020. setelah dilakukan pemeriksaan oleh penyidik KPK. Hari ini KPK melakukan penahanan terhadap dua orang tersangka sebagai pengembangan operasi tangkap tangan tahun 2018 di Lapas Sukamiskin,” kata Deputi Penindakan KPK, Karyoto dalam konferensi pers yang disiarkan langsung melalui akun Instagram KPK, Kamis (30/4/2020).

Kedua tersangka dipamerkan dalam konferensi pers tersebut. Keduanya terlihat yang mengenakan rompi tahanan KPK. Dua tersangka itu menunduk dengan posisi membelakangi kamera sehingga hanya punggung mereka yang tampak.

Kedua tersangka yang ditahan itu, yakni mantan Kalapas Sukamiskin, Deddy Handoko; dan Direktur Utama PT Glori Karsa Abadi, Rahadian Azhar (RAZ), ditahan di Rutan KPK.

“Penahanan di Rutan dilakukan kepada dua orang tersangka tersebut selama 20 hari pertama terhitung sejak tanggal 30 April 2020 sampai dengan 19 Mei 2020 di Rutan cabang KPK kavling C1,” ujar Karyoto.

Dua orang ini ditetapkan sebagai tersangka pada 16 Oktober 2019. Total ada lima tersangka yang dijerat KPK dalam pengembangan OTT terhadap eks Kalapas Sukamiskin Wahid Husein pada 2018 tersebut.

Kelima tersangka itu ialah mantan Kalapas Sukamiskin Wahid Husein (WH) dan mantan Kalapas Sukamiskin Deddy Handoko (DHA) sebagai penerima; napi kasus korupsi Tubagus Chaeri Wardana alias Wawan (TCW); mantan Bupati Bangkalan yang juga napi korupsi, Fuad Amin (FA) (status tersangka gugur karena Fuad wafat dalam proses penyidikan); serta Direktur Utama PT Glori Karsa Abadi, Rahadian Azhar (RAZ), yang ditetapkan sebagai pemberi.

(Sumber : detik.com)

News Feed