oleh

Dinas Pariwisata, Gelar Rakor Percepatan Pengembangan Pariwisata di Sigi

SIGI – Bertempat di Obyek Wisata Permandian Air Panas Bora, Kec.Sigi Biromaru. Dinas Pariwisata Kab. Sigi gelar Focus Group Discussion (FGD) yang bertemakan sinergitas pengembangan pariwisata untuk kabupaten sigi, Kamis (7/11/2019).

Bupati Sigi Moh Irwan Lapatta dalam sambutannya mengatakan terkait dengan visi misi tentu bukan berarti kita meninggalkan ruang-ruang kepariwisataan, memang saya berfikir bahwa insyallah ada tahapan-tahapan, karena memang sebelumnya dikekuatan ekonomi kerakyatan ini disatu sisi bukan berarti meninggalkan ruang pariwisata, cuman saja belum laju seperti yang kita lihat.

“Sebenarnya pondasi ini kita sudah bangun, mimpi saya sebelum menjadi bupati tentu ada pikiran-pikiran, dimana saya sudah berfikir mengenai pembangunan, memang disigi ini tidak ada wilayah laut/pantai, belum ada tambang dan kekuatan-kekuatan lain tetapi di luar dari semua itu di sigi banyak memiliki potensi diantaranya pertanian, perkebunan, kehutanan, perikanan, peternakan, termasuk sektor pariwisata dan budaya yang luar biasa,” urainya.

Lanjut, kesemua ini sangat erat kaitannya dengan mimpi, mimpi itu dituangkan dalam visi misi yang didorong kedalam RPJMD yakni sigi yang maju, mandiri, berbasis ekonomi kerakyatan.ekonomi kerakyatan ini adalah sebuah pondasi, bagaimana kita mendorong penguatan-penguatan percepatan ekonomi lewat pertanian, perkebunan khsususnya ekonomi kerakyatan melalui percepatan infrastuktur, tentunya periwisata juga dengan sendirinya akan bergerak didalamnya.

Terlebih juga dalam sambutannya, Bupati menambahkan mengenai Infrastruktur “Insyaallah didalam tahapan yang kedua, kita patut bersyukur bahwa rancangan penetapan Bappenas untuk jalan ruas Peana-Kalamanta, bangga-lalundu, serta winatu-banggaiba. Ketiga itu sudah menjadi kebijakan Nasional, dan sudah masuk lintasan Nasional”.

Saat sesi wawancara, Bupati mengungkapkan untuk ruang sarana dan prasarana Pariwisata ini bukan berarti saya tidak dorong tetapi ada dana yang terbatas, insyallah di tahun 2021 kita buatkan semua sarana pariwisata, infrastruktur itu semua tergenjot, serta dengan 3 lintasan jalan kawasan nasional sigi sudah di tetapkan”.

Sebelumnya Bupati Juga berterima kasih kepada Agus Rahmat Lamakarate sebagai Bagian dari tim ahli/tim percepatan pariwisata Kab. Sigi.
“Pungkasnya”.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut yakni, kadis pariwisata Kab.Sigi beserta perangkat, Wakapolres Sigi, perwakilan Dandim 1306 Donggala, Kadis PMD Kab. Sigi, Kadis BKD Kab.Sigi, Perwakilan DLH Kab.Sigi, Perwakilan Perhubungan, Perwakilan Diskominfo Sigi (Bidang IKP), Ketua PMI/Tim Ahli Percepatan Pariwisata Kab.Sigi (Dr.Agus Rahmat. Lamakarate,MP).

(KDI)

News Feed