oleh

Bupati Sigi : Pemdes Harus Transparan Serta Buat Baliho Terhadap Penerima Bantuan

SIGI-  Pemerintah Daerah Kabupaten Sigi terus melakukan upaya untuk menyalurkan bantuan bagi masyarakat kurang mampu di tengah wabah COVID-19.

 

Sejumlah bantuan yang mulai disalurkan di antaranya yaitu bantuan beras dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah dan bantuan langsung tunai (BLT) Kemendes PDTT melalui dana desa pada Senin, 4 Mei 2020.

Bupati Sigi Moh Irwan didampingi Kepala Dinas PMD Kabupaten Sigi melakukan sidak dan memantau / monitoring penyaluran bantuan langsung tunai melalui Dana Desa di wilayah Kecamatan Dolo Barat (Desa Kalukutinggu, Desa Pewunu, Desa Sibonu, dan Desa Kaleke) dan Kecamatan Sigi Biromaru (Desa Sidondo IV), sekaligus mengecek kesiapan posko penanganan COVID-19 di Desa Kalukutinggu dan Sidondo IV.

Pada saat memantau langsung penyaluran BLT di sejumlah wilayah tersebut, Bupati Sigi, Mohamad Irwan, kembali menekankan agar Pemerintah Desa memastikan data penerima sesuai dan merupakan hasil kesepakatan musyawarah desa.

Jika ada masyarakat yang belum terdata, pihaknya berharap agar dapat disampaikan kepada Pemerintah secara berjenjang dan sesuai prosedur.

Ia juga kembali mengingatkan terkait dengan kebijakan Pemerintahan Pusat maupun Daerah terkait dengan pembatasan-pembatasan sosial sebagai tindakan pencegahan penyebaran COVID-19, agar masyarakat dapat memulai dari pribadi dan keluarganya masing-masing. Dan berharap agar wabah ini dapat segera berakhir.

Bupati juga menghimbau kepada Pemerintah Desa agar lebih transparan kepada masyarakat terkait penerima bantuan serta dapat membuat baliho dengan mencantumkan semua nama penerima bantuan sesuai dengan kriteria bantuan tersebut.

Baik bantuan dari Kementrian sosial, Kementrian desa dan PDTT, Provinsi sulteng serta dari Kabupaten agar dapat dilihat oleh masyarakat diwilayah tersebut.

Dalam amatan media ini, selain bantuan yang diberikan Pemerintah Pusat maupun Daerah, Pemerintah Desa juga turut memberikan bantuan bagi masyarakatnya.

Salah satunya yang dilakukan Pemerintah Desa Sidondo IV, Kecamatan Sigi Biromaru, yang memberikan bantuan sembako berupa10 kg beras, 1 rak telur ayam, 1 kg gula pasir, serta teh dan kopi, juga ikan kaleng, kepada semua masyarakat Sidondo IV tanpa terkecuali dengan harapan yang sama dapat membantu masyarakat di tengah wabah COVID-19 ini.

(Krd)

News Feed