oleh

BPBD Sulteng Himbau Masyarakat Waspadai Potensi Dampak Hujan Lebat

PALU – Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), Bartholomeus Tandigala meminta masyarakat untuk mewaspadai potensi dampak hujan lebat di wilayah Sulteng per tanggal 3 – 4 Agustus 2020.

“BPBD mengimbau warga untuk tetap siaga dalam menghadapi potensi dampak hujan lebat di wilayah Sulteng,” katanya dalam komunikasi kepada media ini Senin (3/8/2020).

Ia mengatakan, imbauan tersebut didasarkan pada prakiraan cuaca oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) di wilayah Indonesia untuk tanggal 03 Agustus 2020 pukul 07.00 WIB hingga 04 Agustus 2020 pukul 07.00 WIB.

“Dalam daftar signature BMKG tersebut ada 11 Provinsi yang dihimbau untuk siaga dan waspada, salah satunya Provinsi Sulteng dalam kategori Waspada,” ujarnya.

Sebelumnya tambah Barto dalam sapaan akrabnya, jauh hari pihaknya juga telah melakukan sosialisasi pengetahuan soal mitigasi bencana dan dampak yang ditimbulkan dari bencana alam banjir dan tanah longsor terhadap sejumlah wilayah di daerah yang selama ini sering dilanda gempa, banjir dan tanah longsor.

Dalam setiap sosialisasi BPBD baik provinsi maupun Kabupaten/Kota, Kami terus memberikan pencerahan kepada masyarakat mengenai atas mitigasi dan dampak yang ditimbulkan dari bencana alam banjir dan tanah longsor ketika intensitas curah hujan meningkat, Terangnya.

“Terutama kepada masyarakat, yang berada di dekat perbukitan dan daerah aliran sungai (das) untuk tetap siaga karena sewaktu-waktu bencana alam tersebut bisa terjadi ketika curah hujan meningkat.

Kami juga sarankan kepada mereka jika dalam satu rumah itu, diwaktu malam hari untuk tidak tidur lelap semuanya, artinya harus ada salah satu dari mereka yang berjaga (tidak tidur), jika intensitas curah hujan tinggi,” tandasnya.

Berikut kutipan Informasi Signatur BMKG Berlaku 03 Agustus 2020 pukul 07.00 wib s/d 04 Agustus 2020 pukul 07.00)

Potensi Dampak Hujan Lebat dapat terjadi di wilayah sebagai berikut :

  1. Sulawesi Selatan (SIAGA)
  2. Sulawesi Tenggara (SIAGA)
  3. Maluku (SIAGA)
  4. Sumatera Barat (WASPADA)
  5. Jambi dan Bengkulu (WASPADA)
  6. Kalimantan Selatan (WASPADA)
  7. Kalimantan Timur (WASPADA)
  8. Sulawesi Barat (WASPADA)
  9. Sulawesi Tengah (WASPADA)
  10. Maluku Utara (WASPADA)
  11. Papua Barat dan Papua (WASPADA)

Detail informasi Prakiraan Berbasis Dampak BMKG tersebut dapat diakses melalui link berikut; https://signature.bmkg.go.id/users/impact

BMKG membuka layanan informasi cuaca 24 jam, melalui:

  • call center 021-6546315/18;
  • http://www.bmkg.go.id;
  • follow @infobmkg;

( danks)

News Feed