oleh

Akibat Hujan Panjang, Banjir Mengancam Rumah Warga di Desa Ini

SIGI – Dalam tiga hari terakhir Kota Palu dan sekitarnya diguyur hujan, akibatnya jalan dan sejumlah pekarangan rumah warga tergenang air. Hujan yang berdurasi 2 – 3 jam ini, tidak hanya berlaku di Kota Palu, kurang lebih 40 Kilometer dari Kota Palu, warga Desa Simoro Kecamatan Gumbasa Kabupaten Sigi Provinsi Sulteng kembali di gegerkan dengan datangnya banjir bandang akibat hujan deras panjang sejak pukul 17.00 – 19.00 Wita.

Menurut keterangan warga setempat, Hery Pompow kepada awak media ini pada Minggu malam (5/72020) bahwa selama sepekan ini cuaca sangat intens mengakibatkan curah hujan hampir setiap saat turun, apalagi di wilayah simoro dekat dengan gunung sehingga membuat sub, (DAS) salumaku dan Halinunu di RT 001 rw 001 yang selama ini tidak aktif, menjadi banjir.

Mantan Sekdes Desa Simoro setempat ini menuturkan akibat hujan panjang tersebut ada satu unit dapur rumah warga yang terbawah banjir, yaitu bapak Piter samangki lago.

“Bahkan, ada dua rumah lagi yang terancam milik (Agus dan Umar). Sementara pemilik rumah yang terbawa banjir dalam keadaan sakit strok, sehingga warga mengefakuasi ke rumah keluarga, selain itu jembatan menuju kerumah ibadah rusak berat,” tutur Herry.

Hingga saat ini pun (7/7) Kota Palu dan sekitarnya kembali diguyur hujan.

( Hsn)

News Feed