oleh

ADB Siapkan 289 juta USD untuk Rehabilitasi dan Rekontruksi Sulteng

PALU,  BAHANA INDONESIA –  Satgas PUPR, Bappenas, Kementerian Keuangan RI, mendampingi Country Director Asia Development Bank (ADB), Winfried F. Wicklein, nyatakan kesiapannya siapkan anggaran 298 juta USD untuk membantu rehabilitasi dan rekontruksi pascabencana bencana gempabumi,Tsunami dan Likuefaksi di provinsi Sulteng, hal ini disampaikan langsung pihak ADB saat menemui Gubernur Sulteng,(12/6).

Menurut Winfried F. Wicklein, ADB pernah datang ke Palu pada 12 Oktober 2018 mendampingi Wapres Jusuf Kalla. Kunjungannya untuk melihat langsung kondisi daerah terdampak bencana. ADB katanya mengharapkan dukungan gubernur agar pelaksanaan kegiatan yang sudah disepakati dapat berjalan dengan baik dan efektif dan mengharapkan kerjasama ini dapat terus berkelanjutan.

”Kami berkomitmen memberikan bantuan dan dukungan untuk pemulihan dampak bencana dan telah memutuskan akan memberikan bantuan sebesar USD298 juta untuk membiayai kegiatan yang disampaikan Satgas PUPR,” ungkap Winfried.

Kepala Satgas PUPR Arie Sutiadi, menyampaikan kunjungan  bersama Direktur ADB, Bappenas, Kementrian keuangan untuk meminta dukungan Gubernur terkait dengan pelaksanaan kegiatan rehabilitasi dan rekontruksi dampak bencana yang dananya sudah mendapat persetujuan ADB.

Dana sebesar itu untuk mendanai kegiatan pembangunan tanggul air Pantai Talise, pembangunan irigasi Gumbasa, Pembangunan grand strategik air bersih, rehabilitasi Kampus IAN , Rehabilitasi Bandara Sis Aljufri Palu dan Pelabuhan Pantoloan serta Pelabuhan Pelni Wani.

Gubernur Sulteng Longki Djanggola  menyampaikan ucapan terimaksih atas bantuan yang disampaikan ADB tersebut. Ia meminta agar koordinasi kementerian teknis dan Pemerintah Daerah ditingkatkan agar pelaksanaan rehabilitasi dan rekonstruksi dampak bencana dapat berjalan dengan baik, lebih efektif dan efesien.

(BI)

News Feed